Rumahmu Adalah Sumber Belajar No 1 Bagi Anak: Hati-Hati Dengan Contoh Buruk!

Rumah merupakan lingkungan pertama seorang anak belajar akan suatu hal. Rumah bisa disebut sebagai kelas pertama bagi seorang anak, di mana orang tua sebagai gurunya. Pada dasarnya, seorang anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah mereka. Oleh sebab itu, sebagai orang tua kita haruslah lebih peka dalam membuat suasana rumah menjadi nyaman, aman, dan tenang untuk belajar bagi si anak. Lalu bagaimanakah caranya?


Inilah Cara Membuat Rumah Menjadi Kondusif Untuk Belajar Bagi Anak-Anak

Berikut ini ada beberapa langkah yang baik untuk diterapkan di rumah, agar anak mudah belajar di lingkungan pertamanya yang tidak lain ialah rumah mereka.

Memberikan ruang si kecil untuk belajar

Agar seorang anak merasa nyaman dan tumbuh rasa percaya dirinya, kamu bisa memberikannya berbagai macam ketersediaan bahan yang akan menunjang daya kreatifitasnya. Beberapa bahan edukatif yang cocok untuk si kecil antara lain krayon, cat mainan, lem, tanah liat.

Selain itu, kamu pun dapat menggunakan bahan non-konvensional atau bahan yang tidak bertekstur. Bahan-bahan ini akan membantu kinerja saraf motorik dan sensorik anak agar lebih tanggap ke lingkungan sekitarnya, sekaligus mengasah daya kreatifitas.

Mengatur suasana rumah

Suasana apakah yang harus dibangun agar anak kondusif belajar di rumah? Kondisi rumah merupakan salah satu faktor yang menyebabkan semangat atau tidaknya seorang anak untuk belajar suatu hal. Rumah yang memiliki tempat yang cukup memadai untuk belajar akan sangat mendukung si anak tumbuh minat atau keinginan untuk belajar.

Maka dari itu, agar anak lebih semangat lagi, usahakan untuk menyediakan berbagai macam bahan atau properti yang dibutuhkan. Contoh bahan yang bisa dilengkapi, antara lain: meja, kursi (anak), buku tulis, alat-alat tulis, mainan edukasi dan masih banyak lainnya. Agar anak tidak mudah bosan, kamu pun dapat mendekor ruang khusus berlajar anak dengan berbagai macam mainan seperti ayunan, prosotan, dan lain sebagainya. Cara ini pun sangat ampuh untuk membuat rumah lebih kondusif untuk tempat belajar anak.

Memiliki rutinitas khusus

Yang tidak kalah pentingnya, kamu pun harus membuat sebuah jadwal rutinitas yang harus dilakukan oleh anak-anakmu secara teratur. Salah satu contohnya, saat anak sudah mau melakukan kegiatan belajar seperti halnya melukis, mewarnai, maka berikan dia hadiah dengan rutinitas yang menyenangkan seperti nonton film kartun atau bermain di luar rumah seperti mall, taman, atau area bermain. Hal ini akan membuat anak nyaman dan semakin senang belajar di rumah.

Menciptakan suasana yang baru

Untuk membuat suasana rumah semakin nyaman bagi anak, tidak ada salahnya jika kamu menambahkan sesuatu yang baru di rumah. Salah satu contohnya, kamu bisa mengajak anakmu untuk berkebun atau menanam tanaman di halaman rumah. Meskipun hal ini sangat simple, namun efeknya sangat bagus untuk anak agar lebih mengenal lingkungan sekitar rumahnya.

Terapkan sikap dan langkah di atas untuk membuat anakmu semakin semangat belajar banyak hal di lingkungan rumahnya. Jangan takut untuk melakukan suatu hal baru untuk anakmu, dengan catatan hal tersebut memiliki unsur edukasi. Selamat mencoba.