Pilih Kontrakan atau Sewa Rumah di Jakarta? Mahal Belum Berarti Baik

Jakarta adalah kota metropolitan yang memiliki banyak pendatang. Mereka berasal dari berbagai daerah di nusantara. Kebanyakan dari mereka memiliki tujuan ingin mengadu nasib di Jakarta, berharap mendapatkan kehidupan yang lebih baik di kota ini. Jika Anda adalah salah satu pendatang yang membutuhkan rumah kontrakan, sebaiknya pilihlah dengan bijak. Bukan berarti rumah kontrakan dengan harga mahal itu baik.


Meskipun biasanya rumah dengan fasilitas lengkap memiliki harga yang tinggi, namun harga bukan menjadi jaminan apakah rumah sewaan itu baik atau tidak. Anda tetap harus melakukan beberapa hal supaya mendapatkan rumah yang nyaman.

Cara Mendapatkan Kontrakan atau Sewa Rumah yang Baik dan Nyaman

Berikut ini ada beberapa kiat yang bisa diperhatikan agar mendapatkan rumah kontrakan yang nyaman untuk tinggal bersama keluarga tercinta.

1. Pilih yang lingkungannya baik

Bukan rumah kontrakan saja yang perlu diperhatikan, namun lingkungannya juga. Sebab, lingkungan yang baik akan berdampak pada kenyamanan Anda selama tinggal di rumah kontrakan. Apalagi ketika Anda sudah memiliki anak-anak. Lingkungan pergaulan harus benar-benar diperhatikan. Usahakan memilih kontrakan yang memiliki tetangga yang ramah dengan pendatang.

2. Perhatikan bangunan rumah

Rumah yang nyaman ialah rumah yang sehat. Tidak harus memiliki bangunan yang mewah, namun sebuah rumah harus memiliki ventilasi yang cukup. Selain itu, rumah yang ideal adalah rumah yang memiliki langit-langit tinggi. Bentuk rumah seperti ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai hunian yang nyaman Anda dan anak-anak.

3. Pilih Rumah yang Memiliki Plafon jika Punya Bayi

Anda punya bayi? Sebaiknya pilih sewa rumah di Jakarta yang memiliki plafon sehingga adanya debu sangat minim. Banyaknya debu di rumah bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan sang anak.

4. Pilih Lokasi yang Strategis

Maksud dari kata strategis di sini adalah usahakan cari rumah kontrakan yang dekat dengan tempat kerja ayah dan sekolah anak. Hal ini akan memudahkan dalam mobilitas. Selain hemat biaya transportasi, juga akan menghemat waktu. Jika lokasinya dekat, tidak perlu tergesa-gesa.

5. Lakukan Survey

Sebelum memutuskan untuk menyewa rumah kontrakan, Anda harus melakukan survey langsung. jangan hanya melihat rumah kontrakan lewat foto saja. Dengan mengeceknya secara langsung, Anda bisa mengetahui kondisi sebenarnya. Anda bisa melihat setiap detail fasilitas yang dimiliki oleh rumah tersebut.

Untuk mendapatkan rumah terbaik, jangan hanya melakukan survey pada satu lokasi saja. Anda bisa mengumpulkan data rumah kontrakan sesuai dengan kriteria Anda. Setelah itu, lakukan survey satu per satu untuk melakukan perbandingan. Meskipun cukup menyita waktu dan tenaga, cara ini cukup efektif untuk mendapatkan yang terbaik.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika Anda akan memilih rumah kontrakan khususnya di Jakarta. Menentukan lokasi rumah yang dekat dengan aktivitas rutin sangat penting mengingat Jakarta sangat macet. Semoga Anda mendapatkan rumah kontrakan dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman, namun harganya terjangkau.